Rabu, 18 Desember 2013

KONSEP BELAJAR BERKELANJUTAN parlanwng@yahoo.com



KONSEP PENGELOLAAN KEBUN
mewujudkan pengelolaan kebun kulit manis dan tanaman intercroping yang berwawasan lingkungan serta memiliki nilai jual tinggi”


KONSEP SEKOLAH LAPANGAN
CARA BELAJAR ORANG DEWASA (CBOD)/ PENDIDIKAN ORANG DEWASA (POD)


KONSEP SEKOLAH LAPANGAN

  • ·         Tidak ada guru dan tidak ada murid yang ada peserta belajar dan fasilitator
  • ·         Lahan/kebun, tanaman sebagai media belajar
  • ·         Temuan dilapangan sebagai pembelajaran untuk menentukan keputusan
  • ·         Sesama peserta sebagai tempat saling belajar
  • ·         Kesimpulan didasarkan atas temuan dan pembahasan bersama


STRATEGI BELAJAR

  • ·         Belajar langsung dilahan mengamati agroekosistem (tanah, cuaca, hama, penyakit, serangga lain, tanaman pokok, tanaman lain)
  • ·         Hasil temuan dilahan didiskusikan bersama untuk menentukan tindakan
  • ·         Pengamatan lahan dilakukan berdasarkan fase tanaman (benih – menjelang panen)
  • ·         Membuat kurikulum belajar/pedoman belajar
  • ·         Ada topik khusus yang dibahas untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan
  • ·         Melakukan pembuktian – pembuktian jika ada kasusu yang belum bisa dipecahkan
  • ·         Ada lahan belajar  dengan model perlakukan lokal sebagai pembanding tergantung apa        yang ingin dipelajari



 
 PRINSIP
DESAIN KEBUN PERCONTOHAN


TANAMAN

KULIT

MANIS

4 - 6 M


TANAMAN MUDO
TANAMAN

KULIT

MANIS

4 - 6 M


TANAMAN MUDO
TANAMAN

KULIT

MANIS

4 - 6 M


TANAMAN MUDO
TANAMAN

 KULIT

MANIS

2 komentar:

  1. mantap mas parlan.
    semakin banyak tapak di cecah, semakin banyak teman seiring, insya allah semakin dekat pula dengan kemuliaan.
    barakallah

    BalasHapus